Grafis dan detail karakter yang terlihat nyata pada game-game saat ini
memang tidak terlepas dari teknologi yang semakin maju. Saat ini sebagian
Developer game besar didunia memakai teknologi bernama Motion Capture untuk
lebih mendapat detail karakter seperti raut muka, ekpresi dan emosional wajah,
kedipan mata, dll. Tapi tahukah kalian bahwa teknologi motion capture sangat
sulit untuk dibuat bahkan proses pengerjaannya pun memakan waktu yang sangat
lama.
Berbagai artis yang menjadi model dalam video game
tentunya juga bekerja keras dalam membuat ekspresi wajah yang nyata dan detail.
Selain menyesuaikan diri dengan sang karakter, sang model juga harus menuruti
keinginan Developer apalagi sifat Developer yang perfeksionis seperti Crytek,
Naugthy Dog, dan Ubisoft. Berikut sedikit gambar Gift yang bisa anda lihat dari
penangkapan Motion capture:
Terlihat nyata bukan? Disini juga kami mempunyai sebuah video
yang kami dapat dari Kotaku dimana memperlihatkan sebuah perusahaan bernama
3lateral sedang melakukan Motion Capture. 3Lateral adalah perusahaan animasi
yang membuat detail karakter wajah untuk game Grand Theft Auto dan Ryse.
Mocap memang terlihat sangat aneh, jika melihat lebih dekat
ini seperti sebuah boneka yang bisa berbicara. Namun ini baru tahap awal yang
nantinya akan dipoles lagi oleh Developer untuk membuat detail tubuh dll
Bisa dibilang menjadi model Mocap lebih sulit dibanding menjadi artis
yang bermain film. Biasanya artis mocap akan memakai pakaian Mocap yang sempit
dan dengan lampu-lampu disetiap tubuhnya bahkan wajah dipenuhi dengan lampu.
Jika gatal, anda jangan berharap bisa menggaruknya. Artis cantik Ellen Page
sendiri pun mengaku kewalahan saat menjadi model Mocap untuk game Beyond Two
Souls.
Di Indonesia sendiri teknologi ini memang belum digunakan oleh para
pihak pengembang. Mungkin memang karena Indonesia tidak begitu tertarik untuk
menciptakan game konsol dan tentunya teknologi sangat mahal harganya.
Referensi :
http://www.indogamers.com/read/11/12/2014/10318/beginilah_teknologi_motion_capture_digunakan_didalam_game/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar