Selasa, 28 Januari 2014

Tugas SoftSkill 4




Judul : Sejarah Desain Pemodelan Grafik
Tema :  Pemodelan Grafik
 


      Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. Suatu desain lahir dari suatu  pemikiran, proses riset yang telah dilakukan sebelumnya, maupun dari memodifikasi hasil desain yang sudah ada dengan tujuan membentuk desain yang baru.
           Desain Pemodelan Grafik sendiri dapat diartikan sebagai suatu pembuatan suatu objek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.




Dan Sejarah dari desain pemodelan grafis itu sendiri adalah antara lain :

  1. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik 
  2. 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Kompute   
  3. 1963 : Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas. 
  4. 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier. 
  5. 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi computer. 
  6. 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing. 
  7. 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping. 
  8. 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik computer. 
  9. Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime. 
  10. 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel 
  11. 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter. 
  12. 1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).. 
  13. 1995:Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama. 
  14. Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll. 
  15. Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

http://queeninspiration.blogspot.sg/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar